Peran Kartini Masa Kini di Tengah Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia saat ini telah memaksa beberapa negara menerapkan lockdown, dengan tujuan untuk menekan laju penyebaran virus tersebut. 
Penerapan lockdown memiliki konsekuensi berat, baik secara sosial, dan terutama ekonomi. 
Dengan berbagai pertimbangan, Indonesia menerapkan PSBB dengan tujuan yang sama. 
Jauh sebelum diberlakukannya PSBB pada beberapa daerah yang mengajukan, status darurat telah membuat banyak lapangan kerja yang memungkinkan untuk WORK FROM HOME. 
Sejumlah tenaga kerja perempuan juga mengalami hal ini. Dengan kondisi sekarang saat perempuan bekerja dari rumah, justru harus makin pandai mengatur waktu. 
Bagaimana tidak, saat harus tetap menyelesaikan pekerjaan mereka juga harus membagi pikiran dan perhatian pada urusan domestik rumah di saat yang sama. Jika sebelumnya secara fisik mereka tidak berada di rumah saat harus menyelesaikan pekerjaan, kini mereka secara fisik ada di rumah dengan tugas pekerjaan dan urusan domestik yang sama bebannya. 
Tantangan perempuan semakin besar. Belum lagi anak-anak yang sebelumnya belajar di sekolah juga belajar dari rumah, yang tentunya tetap butuh bimbingan dan pengawasan. 
Ditambah lagi kejenuhan yang mungkin dialami anak-anak selama belajar dari rumah. Maka ibu jugalah yang dituntut bisa berperan memberikan kegiatan yang bervariasi di rumah agar tidak membosankan.
Urusan domestik sering dipandang sebelah mata karena dianggap remeh dan kecil. Tapi bukankah sesuatu tidak akan utuh tanpa adanya bagian kecil?
Jadi jangan pernah anggap remeh sesuatu yang kecil, yang domestik, yang menjadi tugas para perempuan terlepas apakah dia bekerja di luar rumah ataupun tidak.



Comments

Popular posts from this blog

Dialog di suatu sore (16 Mei 2017)

Galau

Mimpi Jadi Penulis